Sosialisasi dan Pendampingan UPPKA Kota Yogyakarta

Jumat, 11 Oktober 2024

          Telah dilaksanakan Pertemuan Sosialisasi dan Pendampingan UPPKA Kota Yogyakarta di ruang rengganis gedung PKK jam 8.30 - 11.00 WIB. Pada acara ini di isi dari Perwakilan BKKBN DIY (Ema Susianti) dengan materi Pengelolaan Kelompok UPPKA dengan tujuan untuk meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan Keluarga melalui usaha mikro Keluarga (Pasal 3 Perka BKKBN Nomor 17 Tahun 2020). Selain itu dilakukan pembinaan dan pendampingan. 

  •   Pembinaan terdiri dari pembinaan organisasi, permodalan, produksi, kemitraan, dan administrasi & pembukuan.
  •  Pendampingan bertujuan untuk memperkuat organisasi UPPKA menjadi penggerak ekonomi pedesaan, memperkuat komitmen gotong royong, mengembangkan dan menumbuhkan usaha ekonomi produktif, memperkuat sistem pemberdayaan keluarga di tingkat rumah tangga dan komunitas masyarakat, membangun mekanisme pengambilan keputusan di semua aspek pengelolaan sumber daya, meningkatkan peran serta aparat, tokoh masyarakat, dan kader dalam memperkuat sistem ketahanan dan pemberdayaan keluarga, dan memperluas akses informasi bagi kelompok dalam upaya peningkatan kualitas dan produktivitas kelompok.

        Dinas mengundang kelompok UPPKA dengan stratifikasi paripurna dengan mengutamakan kelompok yang menjadi peserta pada Lomba Bangga Kencana, untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas kelompok, memberikan bekal untuk memperluas jangkauan usaha.  Harapannya, kelompok-kelompok UPPKA dapat semakin solid dan tangguh serta mampu bersaing dengan banyaknya pelaku usaha lainnya.