Pelatihan Relawan SAPA KRPPA Kricak

Umbulharjo, 2 Juli 2024 - Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli (KRPPA) Kricak merupakan kelurahan yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan sesuai dengan visi pembangunan Indonesia.

Setelah melakukan FGD, Kelurahan KRPPA Kricak kemudian membentuk Relawan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA). Dalam rangka mendukung kegiatan relawan ini, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta bergerak bersama Forum PUSPA untuk mengadakan Pelatihan Relawan SAPA KRPPA Kricak. Relawan SAPA yang bertugas memberikan pendampingan dan bantuan kepada perempuan dan anak-anak yang membutuhkan. Relawan SAPA ini akan menjalani pelatihan selama 3 hari. Pelatihan pertama diadakan pada hari Rabu 5 Juni 2024  kemudian pelatihan kedua diadakan pada hari Rabu 10 Juni 2024.

Pada Rabu, 12 Juni 2024, merupakan hari ketiga dari rangkaian pelatihan tersebut. Pelatihan dihadiri oleh 2 narasumber, yaitu Agus Triyanto dan Arum Purwaningtyas, S.H. dari Forum PUSPA. Dalam pelatihan ini, para relawan SAPA KRPPA Kricak melakukan Penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) dan struktur organisasi relawan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kesiapan para relawan dalam menjalankan peran mereka di Kelurahan KRPPA Kricak.

Dengan adanya Relawan SAPA  KRPPA Kricak, diharapkan dapat semakin memperkuat upaya Kelurahan KRPPA Kricak dalam mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa.