Pelatihan Relawan Sahabat Perempuan Peduli Anak (SAPA) Kelurahan Rejowinangun

DP3A2PKB Kota Yogyakarta bersama Forum PUSPA Kota Yogyakarta kembali berkolaborasi untuk membentuk Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA) di Kelurahan Rejowinangun. KRPPA merupakankelurahan yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan kelurahan, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan seacra terencana, menyeluruh, berkelanjutan, sesuai dengan visi pembangunan Indonesia.

Untuk mendukung terwujudnya KRPPA, DP3AP2KB bersama Forum PUSPA melakukan kegiatan pelatihan untuk Relawan SAPA, untuk meningkatkan pengetahuan dan penyadaran masyarakat yang berpengaruh (opinion leader). Pengembangan SAPA bermaksud menguatkan kapasitas masyarakat untuk menyelesaikan masalah kekerasan pada anak dan perempuan yang terjadi di masyarakat.

Pelatihan Relawan SAPA dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal  21, 27, dan 29 November 2023. Materi yang dibawakan diantaranya : Konsep Penugasan Kebijakan KRPPA di Indonesia, Orientasi Umum Pelatihan Relawan SAPA di KRPPA, Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan Berperspektif Gender dalam KRPPA, Konvensi Hak Anak, Langkah Strategis Masyarakat Ramah Perempuan dan Peduli Anak, Penyusunan Kegiatan Masyarakat Ramah Perempuan dan Peduli Anak, serta Monitoring & Evalusi KRPPA dan Rencana Tindak Lanjut.