Penyintas Kekerasan di Yogyakarta Dapatkan Pelatihan Memasak Melalui Support Group

Yogyakarta, 22 Juli 2024 – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan Support Group Penyintas Kekerasan pada hari Senin, 22 Juli 2024, di UPT PPA Kota Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu program KOPER KOTA (Sekolah Perempuan Kota Yogyakarta) yang bertujuan untuk memberikan dukungan dan pemulihan bagi perempuan penyintas kekerasan.

Support Group Penyintas Kekerasan kali ini melibatkan kelompok penyintas kekerasan PETA (Perempuan Tangguh) dan PERISAI (Perempuan Istimewa). Dalam kegiatan ini, para penyintas kekerasan mendapatkan Pelatihan Keterampilan Memasak dengan menghadirkan Pokja III TP PKK Kota Yogyakarta sebagai narasumber.

“Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal keterampilan bagi para penyintas kekerasan agar mereka dapat mandiri dan meningkatkan taraf hidup,” ujar Ibu Ria Rinawati, S.STP, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan DP3AP2KB Kota Yogyakarta, dalam sambutannya. “Melalui pelatihan ini, diharapkan para penyintas kekerasan dapat memiliki keterampilan baru yang dapat mereka gunakan untuk membuka usaha atau mencari pekerjaan.”

Pada pelatihan ini, para penyintas kekerasan diajarkan cara membuat dua menu yaitu Pizza Mini dan Pepes Ayam. Para peserta terlihat antusias mengikuti pelatihan dan mereka senang dengan materi yang disampaikan.

“Saya senang sekali bisa mengikuti pelatihan ini,” ujar salah satu peserta Support Group Penyintas Kekerasan. “Saya belajar banyak tentang cara memasak dan saya yakin ini akan bermanfaat bagi saya di masa depan.”

DP3AP2KB Kota Yogyakarta berharap dengan adanya kegiatan Support Group Penyintas Kekerasan ini, para penyintas kekerasan dapat merasa lebih terdukung dan mereka dapat kembali bangkit dari keterpurukan.