Genjot Produktivitas UKM dan Desa di Kota Yogyakarta, DP3AP2KB Kota Yogyakarta Gelar Pelatihan E-Commerce, Packaging, dan Literasi Keuangan

Yogyakarta, 10 Juli 2024 - Pemerintah Kota Yogyakarta, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, menyelenggarakan pelatihan e-commerce, packaging, dan literasi keuangan bagi rintisan usaha, Desa Prima, P2WKSS, serta organisasi perempuan di Kota Yogyakarta.

Acara yang digelar di Ruang Kunthi, Gedung PKK Komplek Balaikota Yogyakarta ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai desa, kelompok perempuan, dan rintisan usaha di Kota Yogyakarta. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas peserta dalam mengelola usaha mereka secara daring (e-commerce) dan kemasan produk yang menarik, serta memahami literasi keuangan yang baik.

 

Zidan Alfi Kautsar dari Universitas Amikom Yogyakarta menjadi narasumber pertama yang memberikan materi tentang pelatihan e-commerce dan packaging. Ia menekankan pentingnya pemanfaatan platform digital untuk memasarkan produk dan mengemas barang secara kreatif agar berdaya saing.

 

Narasumber kedua dari BRI Insurance Yogyakarta memaparkan tentang literasi keuangan bagi rintisan usaha, Desa Prima, P2WKSS, dan organisasi perempuan. Materi ini mencakup pengelolaan keuangan, akses permodalan, serta perencanaan keuangan yang sehat untuk keberlanjutan usaha.

 

Acara ini juga menyediakan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif, di mana para peserta dapat berbagi pengalaman serta mendapatkan masukan langsung dari para narasumber.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat nyata bagi seluruh peserta dan mendorong pertumbuhan usaha, terutama di kalangan perempuan dan masyarakat desa di Kota Yogyakarta.