Menciptakan Lingkungan Kerja yang Aman dan Inklusif Bagi Perempuan di Kota Yogyakarta Dengan Sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan di Tempat Kerja

Umbulharjo,  3 Juni 2024 - DP3AP2KB Kota Yogyakarta menyelenggarakan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap perempuan di tempat kerja. Kegiatan ini bertempat di Ruang Kunthi Lt 2 Gedung TP PKK Kota Yogyakarta Kompleks Balaikota Yogyakarta. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari berbagai perusahaan, organisasi, dan instansi pemerintah di Yogyakarta.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalah Ibu Lisa Oktavia, Ketua Forum Perlindungan Korban Kekerasan (FPKK) Kota Yogyakarta sekaligus Koselor Hukum di Rifka Annisa WCC. Ibu Lisa menyampaikan materi terkait "Kekerasan Terhadap Perempuan di Tempat Kerja", mencakup isu kekerasan seksual di tempat kerja, upaya meminimalisir tindak kekerasan, serta penanganan jika terjadi insiden di lingkungan pekerjaan.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat, khususnya pihak-pihak yang terlibat dalam dunia kerja, tentang pentingnya menciptakan lingkungan kerja yang aman dan inklusif bagi perempuan. Kekerasan dan pelecehan di tempat kerja, baik secara fisik, verbal, maupun psikologis, masih kerap terjadi dan berdampak buruk bagi kesejahteraan dan produktivitas karyawan perempuan.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan DP3AP2KB Kota Yogyakarta, Ria Rinawati, S.STP., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya pencegahan dan penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan, khususnya di lingkungan kerja. Menurutnya, sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat, serta mendorong pihak-pihak terkait untuk berperan aktif dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi perempuan.