Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penyelenggaraan Evaluasi PUG dan Kementerian PPPA RI

 

Yogyakarta, 29 Mei 2024 - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta menggadakan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan evaluasi Pengarusutamaan Gender (PUG) yang diselenggarakan pada Kamis, 16 Mei 2024. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Yogyakarta serta instansi lainnya. 

Acara yang berlangsung di Ruang Dewi Shinta (DP3AP2KB Lt 1) ini dihadiri oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta, Sarmin, S.I.P., M.Si., serta Kepala Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan DP3AP2KB Kota Yogyakarta, Ria Rinawati, S.STP.

Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan strategi yang dibangun untuk mengintegrasikan isu gender ke dalam seluruh dimensi dari perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi atas kebijakan serta program pembangunan. Pelaksanaan integrasi PUG ke dalam siklus perencanaan dan penganggaran, baik di tingkat pusat maupun daerah, diharapkan dapat mendorong pengalokasian sumber daya pembangunan menjadi lebih efektif, dapat dipertanggungjawabkan, dan adil dalam memberikan manfaat pembangunan bagi seluruh penduduk Indonesia, baik laki-laki maupun perempuan. Dengan demikian, implementasi PUG diharapkan dapat memastikan bahwa proses pembangunan benar-benar responsif gender dan memberikan dampak yang setara bagi seluruh masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, pihak Kemen PPPA melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penyelenggaraan evaluasi PUG yang telah dilaksanakan di Kota Yogyakarta. Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana implementasi PUG di lingkungan pemerintah daerah dan instansi terkait.

Kegiatan monitoring dan evaluasi ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi Pemerintah Kota Yogyakarta dalam memperkuat pelaksanaan PUG dan mewujudkan kesetaraan gender di daerah.