Fakta Berbagi: Merajut Silaturahmi Melalui Permainan dan Buka Puasa

Yogyakarta---Dalam suasana Ramadhan yang penuh berkah, Forum Anak Kota Yogyakarta (Fakta) menggelar acara spesial bertajuk "Fakta Berbagi: Merajut Silaturahmi Lewat Permainan." Acara ini menjadi momentum penting bagi anak-anak Mergangsan Kidul, untuk bersatu, berbagi, dan merayakan bulan suci dengan cara yang menyenangkan dan bermakna. Dengan menggabungkan permainan dan silaturahmi, Fakta ingin menciptakan ikatan yang kuat diantara anak-anak Warga Mergangsan Kidul, terutama dalam konteks kebersamaan selama bulan Ramadhan.



Kegiatan dilaksanakan di aula atas Masjid Baiturrahman, Jalan Tamansiswa, Kampung Mergangsan Kidul, Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta, Rabu (3/4/2024). Lebih dari 35 anak mengikuti kegiatan tersebut, yang terdiri dari anak-anak warga Kampung Mergangsan Kidul, Anak-anak Taman Pendidikan Alquran (TPA) Masjid Baiturrahman dan pengurus Fakta Kota Yogyakarta. Turut hadir, Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Sri Isnayantin Sudiasih, S.I.P., Takmir dan panitia Ramadhan Masjid Baiturrahman.

Ketua Panitia Ramadhan Masjid Baiturrahman, Asep Roni Sapa"at dalam sambutannya mengatakan terima kasih kepada Dinas DP3AP2KB dan Fakta Yogyakarta atas kerjasamanya dalam kegiatan ini. Sungguh kami mengapresiasi kepada Fakta Yogyakarta dan dukungan dari Dinas, sehingga kegiatan ini memberikan nuansa yang berbeda dalam kegiatan Ramadhan di Masjid Baiturrahman.

"InsyaAllah, anak-anak senang dan berdampak positif bagi perkembangan anak-anak selanjutnya. Takmir dan Panitia Ramadhan sangat mendukung acara ini dan semoga di kesempatan lain, kita bisa berkolaborasi kembali," ujar Roni yang juga menjabat Ketua RT 75.

Sementara Kabid Sri Isnayantin Sudiasih, dalam sambutannya menyampaikan anak-anak perlu memanfaatkan waktu luang untuk kegiatan positif. Dalam dialognya dengan anak-anak, dalam waktu luang, anak dapat saja bermain HP, namun harus tahu batasan dan bagaimana bermain HP yang sehat.

"Jadi bermain HP boleh, tetapi harus tahu bermainnya kapan dan bermain HP yang sehat seperti apa?, nah momentum ramadhan ini, menjadi pembelajaran bagi kita semua", ujar Bu Isna dihadapan lebih dari 35 anak.

Di akhir sambutannya, Ia menyertakan challenge untuk dijawab anak seputar aktivitas sehari-hari dalam bulan Ramadhan. Sebanyak tiga orang mendapatkan hadiah menarik.

Dalam kegiatan "Fakta Berbagi" bukan hanya dialog, namun juga diselingi permainan, guna mempererat tali silaturahmi antar sesama. Melalui berbagai jenis permainan yang diselenggarakan, peserta diajak untuk saling berinteraksi, berkolaborasi, dan saling mendukung satu sama lain. Hal ini menjadi peluang bagi mereka untuk menumbuhkan rasa persaudaraan dan kebersamaan yang lebih dalam di bulan Ramadhan.

Nuansa kehangatan dan kebersamaan antar anak, terlihat sejak dari awal, lebih-lebih  setelah beraktivitas, peserta dapat menikmati hidangan takjil bersama, sambil berbincang dan bertukar cerita dengan sesama peserta. Ini bukan hanya sekedar kegiatan santai, namun juga menjadi momen berharga untuk saling mengenal dan mempererat hubungan di antara mereka.

Hal ini tidak hanya menciptakan atmosfer yang hangat dan ramah, tetapi juga membawa manfaat jangka panjang dalam memperkuat kebersamaan, saling menghargai dan menumbuhkan jiwa sportif bagi anak-anak. (KangRozaq)