Pra Musrenbang Anak Disabilitas

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta Bersama Sentra Advokasi Perempuan,Difabel,dan Anak (SAPDA) menggelar acara Pra Musrenbang Anak Disabilitas Tahun 2024, Rabu (28/2) di Grha Pandawa Jalan Kenari No 56. (Komplek Balikota)

Kegiatan ini selain sebagai sarana bersosialisasi juga sebagai tempat untuk mengekspresikan keinginan dan pendapat serta melatih anak disabilitas untuk mengenali permasalahan. Pada pelaksanaanya di bagi menjadi 4 kelompok sesuai dengan ragam disabilitasnya yaitu Mental, Tuna Rungu, Fisik dan Tuna Netra, dan intelektual.

 

                

                                                            Kelompok Disabilitas Intelektual saat berdiskusi mengenai keinginan dan pendapat

Melalui penjaringan suara anak di Tahun 2024 ini anak anak bisa memiliki sarana dan wahana untuk menuangkan ide, pemikiran dan harapan agar anak anak disabilitas juga turut serta dalam proses pembangunan kota yogyakarta.

                

                                                                         Kelompok Disabilitas Mental saat menyampaikan hasil diskusi

Berbeda dengan tahun sebelumnya pada tahun ini mengangkat permasalahan di lingkungan keluarga, dimana keluarga menjadi lingkungan terdekat bagi anak anak sehingga perlu untuk dibahasa agar keinginan dan harapan anak anak disabilitas dapat tersampaikan.