Mini Lokakarya Stunting November: TPK Menjadi Narasumber

[Yogyakarta, 15 November 2023] Dalam rangka mengejar target capaian prevalensi angka stunting di bawah 14%, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta kembali mengadakan Mini Lokakarya Stunting. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 November 2023 di Ruang Arjuna, Kantor Balaikota Yogyakarta. Dengan tema “Akselerasi Pendampingan Tim Pendampingan Keluarga dalam Penurunan Stunting di Kota Yogyakarta”, Mini Lokakarya ini merupakan Mini Lokakarya terakhir yang dilaksanakan di tahun 2023. Mini lokakarya ini mengundang beberapa Organisasi Perangkat Daerah yang turut bersinergi dalam menurunkan angka stunting seperti Bappeda dan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Selain itu, turut hadir pula Mantri Pamong Praja dari semua kemantren di Kota Yogyakarta.

Mini Lokakarya kali ini mengundang perwakilan Tim Pendamping Keluarga (TPK) setiap kemantren sebagai narasumber utama. Setiap perwakilan TPK memaparkan inovasi yang dilakukan mereka untuk mempercepat penurunan stunting di tingkat kemantren. Salah satu perwakilan TPK dari Kemantren Danurejan, Dhea, mengungkapkan bahwa terkadang terdapat kendala dalam pelaksanaan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) seperti sasaran ibu hamil yang sedang bekerja di luar. Oleh karena itu, TPK perlu lebih aktif dengan langsung mengunjungi sasaran ibu hamil tersebut ketika sedang bekerja di luar.

Sebagai Mini Lokakarya terakhir di tahun 2023, harapannya acara ini dapat menjadi evaluasi program pendampingan TPK supaya pada tahun 2024, angka prevalensi stunting di Kota Yogyakarta bisa semakin menurun.