DAKON PERAK Kelurahan Semaki : Sambangi Bank Sampah dan Penyerahan Alat Bantu Dengar

Jumat, 10 November 2023 DP3AP2KB Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan DAKON PERAK (Dolan Ngaruhke Ekonomi Perempuan, Kampung KB, dan Kampung Ramah Anak) di Kelurahan Semaki. Kegiatan Dakon Perak kali ini cukup istimewa karena tidak hanya diikuti oleh jajaran OPD di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta tetapi juga dihadiri langsung oleh Bp Pj Wali Kota Yogyakarta, Bp Singgih Raharjo. 

Dakon Perak dimulai dari Rumah Dinas Walikota Yogyakarta, lalu bergerak ke arah selatan menuju Jalan Kusumanegara. Dari Jalan Kusumanegara bergerak terus ke arah barat menuju Jalan Sawit, meninjau mural batik di sepanjang Jalan Sawit. 

Mural di Jl Sawit (SEMAKI)
Lukisan mural batik di Jl Sawit Kelurahan Semaki 

Selain menyambangi mural batik di sekitar Semaki, para goweser meninjau lokasi pengrajin batik di Ndalem Nitipuran. Di sana, Bp Pj Walikota Yogyakarta "praktik" melorot kain primisima yang sudah dipola dengan malam. Melorot adalah menghilangkan malam dari kain dengan cara direbus.

Melorot Kain Batik 

Rute selanjutnya melewati area belakang GOR Amongorogo, dilanjutkan menuju area rumah-rumah warga. Di sana, para goweser dijamu dengan minuman telang dan juga minuman cincau sambil menikmati lingkungan hijau asri karena ditanami tanaman toga. Begitu sampai di RW 09, Bp Pj Walikota melakukan penyerahan alat bantu dengar dari BAZNAS Kota Yogyakarta kepada salah satu anak penyandang disabilitas.

 

Setelah penyerahan alat bantu dengar, titik yang disambangi selanjutnya adalah Bank Sampah "Mandala Asri" RW 09 dan Pasar Sanggrahan. 

Bank Sampah "Mandala Asri RW 09"
Pasar Sanggrahan
Menyapa Warga : Ibu-Ibu pegiat UKM

DAKON PERAK berakhir di Balai Kampung Sanggarahan yang ada di utara Stadion Mandala Krida.