Peresmian Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak Pertama di Kota Yogyakarta

Minggu 29 Oktober 2023, Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Dinas pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta menyelenggarakan peresmian pertama Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA) di Kelurahan Giwangan, Kota Yogyakarta. Peresmian KRPPA dihadiri oleh penjabat Walikota Kota Yogyakarta, bapak Singgih Raharjo, S.H,M.Ed. beserta perwakilan deputi bidang perlindungan hak Perempuan KemenPPA bapak Agus Irianto.

Kelurahan giwangan menjadi kelurahan pertama di kota Yogyakarta yang sudah memenuhi indikator KRPPA dengan harapan dapat diikuti oleh kelurahan-kelurahan lainnya. Perwakilan deputi bidang perlindungan hak Perempuan kemenPPA, Agus Irianto menyampaikan bahwa kelurahan harus dapat mengintegrasikan perspektif gender dan ramah anak dalam setiap tata kelola pemerintahan serta pembangunan dan memastikan hal tersebut berjalan secara berkelanjutan dengan melibatkan Perempuan dan anak dalam Pembangunan KRPPA.

Penjabat Walikota Singgih Raharjo pun menyampaikan, harus adanya susunan rencana aksi yang terukur setelah diresmikannya KRPPA agar perempuan dan anak benar-benar mendapatkan hak dan perlindungannya. Beliau berharap hadirnya KRPPA dapat mendorong terpenuhi dan terlinduniny hak-hak Perempuan dan anak, supaya tidak ada lagi bentuk kekerasan dan ketimpangan dalam bentuk apapun.

Sejalan dengan hal tersebut, Lurah Kelurahan Giwangan Dyah Murniwarini mengatakan, KRPPA merupakan sebuah langkah awal berkelanjutan yang melibatkan berbagai forum Perempuan dan anak dalam memenuhi dan melindungi haknya, seperti contohnya Relawan Sahabat Perempuan dan Peduli Anak.