Mini Lokakarya Stunting: Intervensi Spesifik Puskesmas Turunkan Angka Stunting

[Yogyakarta, 20 Oktober 2023] Sebagai bentuk pengentasan bayi stunting di Kota Yogyakarta, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta mengadakan Mini Lokakarya Stunting. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 13, 19, dan 20 Oktober 2023 di Ruang Arjuna, Kantor Balaikota Yogyakarta. Mini lokakarya bulan ini mengangkat tema “Peran Intervensi Spesifik Puskesmas dalam Percepatan Penurunan Stunting di Kota Yogyakarta”. Antusiasme peserta dapat dilihat dari banyaknya peserta yang hadir seperti dari Tim Pendamping Keluarga (TPK) dan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dari 14 Kemantren di Kota Yogyakara, perwakilan Bappeda dan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, serta perwakilan dari Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta.

Mini lokakarya bulan Oktober ini mengundang narasumber kepala puskesmas seluruh kemantren di Kota Yogyakarta. Setiap narasumber mamaparkan program-program intervensi spesifik masing-masing puskesmas yang sudah dilaksanakan. Pada sesi pembukaan mini lokakarya ini, Pelaksana Tugas DP3AP2KB, Sarmin, berpesan bahwa acara ini dapat mencerminkan seberapa greget setiap TPK dan TPPS dari setiap kemantren untuk menurunkan angka stunting. 

Dengan diselenggarakannya min lokakarya ini, harapannya anggota TPK maupun TPPS dapat lebih termotivasi untuk mengoptimalkan program-program yang berkaitan dengan percepatan penurunan stunting. Dengan demikian, target prevalensi angka stunting 14% di Kota Yogyakarta pada tahun 2024 dapat tercapai.