DP3AP2KB Turut Serta Dalam Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba untuk Mewujudkan Kelurahan Pandeyan Bersinar

Selasa, 5 September 2023 Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta menghadiri undangan dari BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Yogyakarta untuk menggelar kegiatan rapat koordinasi dalam rangka Sinergi Stakeholder terkait dalam Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba untuk Mewujudkan Kelurahan Pandeyan Bersinar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Pandeyan. Keberlangsungan kegiatan dengan format penyampaian materi dari narasumber yaitu Ketua Tim Kerja P2M BNN Kota Yogyakarta, Kepala DP3AP2 KB Kota Yogyakarta, dan juga Lurah Pandeyan.

Belakangan ini permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Indonesia perlu mendapat perhatian serius dari seluruh komponen bangsa. Khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menurut survei BNN bekerja sama dengan LIPI tahun 2019 menyebutkan DIY termasuk lima besar provinsi dengan penyalahgunaan narkoba tertinggi.

Pelaksanaan Rapat Koordinasi Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba adalah untuk memberikan pemahaman terkait pelaksanaan intervensi keterampilan hidup kelarga anti narkoba kepada stakeholder di wilayah lokasi intervensi program ketahanan keluarga anti narkoba.

Dalam rangka menanggulangi permasalahan narkoba di Kota Yogyakarta, BNN Kota Yogyakarta berupaya menguatkan imunitas dari konteks terkecil masyarakat yaitu keluarga melalui Program Penguatan Ketahanan Keluarga Anti Narkoba. Ketahanan keluarga mengacu pada pola tingkah laku positif dan kompetensi fungsional yang ditampilkan individu dan keluarga ketika mengalami peristiwa yang menekan, yang menandakan kemampuan keluarga untuk pulih mempertahankan integritasnya sebagai unit. Ketahanan Keluarga Anti Narkoba merupakan kemampuan keluarga untuk meningkatkan daya tangkal keluarga dari ancaman penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

(Penulis : Yoyok)