Wisuda Sekolah Lansia dan Penobatan Duta Lansia Istimewa 2023

Auditorium LPP menjadi saksi rasa bangga atas hebatnya para Lansia yang terus berkarya dan memberikan kontribusi positif di lingkungan masyarakat. Selasa, 28 Agustus 2023, Perwakilan BKKBN DIY bekerja sama dengan Indonesia Ramah Lansia (IRL) dan Center for Life-Span Development (CLSD) UGM menyelenggarakan Wisuda Sekolah Lansia BKL dan Penobatan Duta Lansia Istimewa 2023.

Pada kesempatan kali ini, Dewan Prosesi Wisuda yang terdiri dari Inspektur Utama BKKBN RI, Gubernur DIY yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial DIY, Kepala Perwakilan BKKBN DIY, dan Direktur IRL mewisuda sebanyak 150 peserta Sekolah Lansia, yakni masing-masing 50 peserta dari SL BKL Mugi Waras Sumbersari Sleman, SL BKL Mekar Indah Ngramang Kulonprogo, dan SL BKL Delima 123 Purbayan Yogyakarta.

Dewan Prosesi bersama Wisudawan Tertua, Terbaik, dan Terajin dari SL BKL Delima 123 Purbayan, Kotagede, Yogyakarta

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Dra. Andi Ritamariani, M.Pd menyampaikan bahwa usia harapan hidup di DIY merupakan yang tertinggi di Indonesia, yakni mencapai 74 tahun. Dan menjadikan penduduk lansia agar tetap sehat, tangguh, dan produktif menjadi tanggung jawab serta perlu dukungan dari semua pihak. Orientasi PJP atau Pendampingan Jangka Panjang menjadi bekal bagi Kader BKL untuk bisa membantu memberikan pendampingan terhadap lansia di lingkungannya, untuk tetap dapat mandiri sesuai dengan kemampuannya.

Peserta Duta Lansia Istimewa 2023

Selain prosesi wisuda, Perwakilan BKKBN DIY juga melakukan Penobatan Duta Lansia Istimewa 2023. Program ini terselenggara atas kerja sama dengan Fakultas Psikologi UGM, dan diharapkan menjadi sarana edukasi bagi lansia yang memiliki pengalaman dalam berbagai aspek kehidupan, dan berpartisipasi serta berkontribusi aktif sesuai dengan kemampuannya.

Kepala Bidang KBPK DP3AP2KB Kota Yogyakarta berfoto bersama PKB Kotagede dan para peraih Juara Duta Lansia Istimewa 2023 dari Kota Yogyakarta

Sebanyak 3 lansia Finalis Duta Lansia Istimewa dari Kota Yogyakarta berhasil meraih kejuaraan, yaitu:
1. Juara 2 DLI Kakung diraih oleh Bapak Budhi Tata Satyawan dari BKL Mitayani, Kelurahan Mantrijeron, Mantrijeron
2. Juara 3 DLI Putri diraih oleh Ibu Samilah dari BKL Sejahtera RW 8, Kelurahan Rejowinangun, Kotagede
3. Juara 3 DLI Kakung diraih oleh Bapak Sukirman dari BKL Wredhe Kusuma, Kelurahan Tegalpanggung, Danurejan

dr. Probosuseno, Sp.PD-Kger dalam penyampaian materi PJP

Usai rangkaian kegiatan Prosesi Wisuda dan Penobatan Duta Lansia Istimewa 2023, ada penyampaian materi dari dr. Probosuseno, Sp.PD-Kger tentang Perawatan Jangka Panjang Bagi Lansia. Beliau menyampaikan bahwa penyerapan kalsium pada lansia hanya sekitar 30%, dan lansia perempuan lebih rentan mengalami pengeroposan tulang. Pemenuhan kebutuhan Vitamin D terbaik didapat dari cahaya matahari dan telur rebus. Selain itu, ternyata tidur siang memiliki manfaat baik, yaitu menurunkan resiko penyakit jantung.