Pendampingan Penting Untuk Mencegah Stunting

 Yogyakarta, 24 Agustus 2023 

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Pertemuan Intensifikasi Pendampingan Ibu Hamil dan Ibu Pasca Persalinan di Ruang Arjuna Balaikota Yogyakarta. Acara ini ditujukan untuk Tim Pendamping Keluarga (TPK) dari 8 Kemantren di Kota Yogyakarta dengan kriteria prevalensi Stunting masih tinggi dan merupakan lokus Audit Kasus Stunting Tahun 2023. Pada acara tersebut turut hadir Ketua Pokja Kespro BKKBN DIY Ratna Anita Sari, S.Si.,M.Sc dan sebagai narasumber Kepala Dinas P3AP2KB Ir. Edy Muhammad, Kasie Kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Iswari Paramita, S.K.M.,M.P.A , dan Kader TPK Kemantren Danurejan Dea Surya Lakshita.

Dalam acara ini, Edy Muhammad menjelaskan berbagai kebijakan dan upaya yang sudah dilakukan oleh DP3AP2KB sebagai bentuk pencegahan stunting, salah satunya adalah penggunaan aplikasi Elsimil yang diluncurkan oleh BKKBN. Aplikasi ini digunakan sebagai sarana pengawasan terhadap ibu hamil dan ibu pasca persalinan oleh Tim Pendampingan Keluarga. Iswari menyebut bahwa pengawasan harus dilakukan sejak dini untuk mencegah terjadinya stunting pada anak. Hal yang senada juga disampaikan oleh Dea sebagai kader TPK karena pada dasarnya TPK bekerja demi kepentingan sosial.

Dengan diselenggarakannya acara ini, diharapkan TPK di Kota Yogyakarta dapat lebih optimal dalam melakukan pendampingan sekaligus pengawasan terhadap ibu hamil dan ibu pasca persalinan untuk mencegah stunting pada bayi.