Pelepasan Mahasiswa  Magang UNY

(13/7/2023) Dimulai dari bulan Februari hingga Juli 2023, Puspaga Kenari Kota Yogyakarta dibersamai oleh 4 mahasiswa magang dari Universitas Negeri Yogyakarta. Keempat mahasiswa ini adalah Ilma Rizqa Arshanty, Intan Auraningtyas, Riva Tri Rahmawati, dan Trisnawati, mahasiswi S1 jurusan Psikologi. Kegiatan magang ini dilakukan untuk memenuhi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai syarat perkuliahan mahasiswa pada semester 6.

Mahasiswa disambut hangat oleh Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta, Ir. Edy Muhammad; Kepala Bidang PPHA, Sri Isnayanti Sudiasih, S.IP., Psikolog Puspaga Kenari, Tri Novita Herdalena, S.Psi., Psikolog., staf administrasi Puspaga, Raditya Kurniawan; beserta jajaran dari DP3AP2KB Kota Yogyakarta. Mahasiswa juga dibimbing oleh Psikolog Puspaga, Tri Novita Herdalena, sebagai supervisor magang dan juga Dr. Rita Eka Izzaty, S.Psi., M.Si., Psikolog. sebagai dosen pembimbing magang dari Departemen Psikologi UNY.

Selama magang, keempat mahasiswa telah membuat inovasi di Puspaga Kenari melalui berbagai program kerja, antara lain : 
1. Psikoedukasi (PJ : tag riva), yakni pemberian edukasi psikologi melalui konten Instagram dan TikTok Puspaga Kenari. Tema yang diberikan berfokus pada teori perkembangan anak dan permasalahan perkembangan anak, dengan penekanan upaya preventif pada masalah tersebut.
2. Peer counselor (PJ : tag ilma), merupakan layanan konseling yang diberikan kepada siswa SMP di Kota Yogyakarta. Tim magang berperan sebagai konselor di mana mereka belajar meningkatkan keterampilan konseling serta menerapkan kode etik psikologi.
3. Riset (PJ : tag intan), yakni penelitian kuantitatif dengan judul “Peran Internet Parenting terhadap Adiksi Internet pada Remaja SMP di Kota Yogyakarta.” Penelitian ini pun juga diikutsertakan pada Penelitian Mahasiswa FIPP 2023, dan akan dipublikasikan dalam jurnal serta program Digital Sehat oleh Puspaga Kenari.
4. Puspaga Pintar Hari Keluarga (PJ : tag trisna), yakni program Puspaga Pintar yang dikhususkan untuk memperingati Hari Keluarga. Program ini terlaksana selama satu bulan dimulai dari tanggal 15 Mei 2023 (Hari Keluarga Internasional) hingga 29 Juni 2023 (Hari Keluarga Nasional) dengan empat rangkaian acara : Live Instagram, KOPI NARI, Kunjungan Pengantin Dispensasi, dan video Makna Keluarga.

Mahasiswa sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada bidang PPHA maupun Puspaga karena telah memberi kesempatan pada mahasiswa untuk menggali pengalaman sebanyak-banyaknya selama magang di Puspaga Kenari Kota Yogyakarta. Harapannya, kegiatan magang ini dapat memberikan Puspaga Kenari peningkatan kualitas khususnya dalam pelayanan masyarakat.

  

#puspaga #magang #mbkm #kampus merdeka #psikologiuny #uny