Tingkatkan Wawasan Kesetaraan Gender, DP3AP2KB Gelar FGD Kelompok Sadar Gender

Dalam rangka memenuhi prasyarat pengarusutamaan gender pada partisipasi masyarakat di Kota Yogyakarta, DP3AP2KB menggelar FGD (Focus Group Discussion) Kelompok Sadar Gender di Kelurahan Rejowinangun. FGD ini dilaksanakan pada 5-6 Juli 2023 dengan mengundang peserta dari unsur masyarakat seperti disabilitas, lansia, perempuan, anak, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan aparat kelurahan. 

Pada hari pertama FGD, tema yang diangkat adalah "Keluarga Sadar Gender" dengan narasumber Ibu Nelly Tristiana dari ABISATYA, lalu dilanjutkan materi kedua dengan tema "Ketahanan Keluarga" yang disampaikan oleh Dr.Asmar Ridwan, M.Psi. FGD pada hari pertama berlangsung meriah dan interaktif, peserta juga aktif menyampaikan tanggapan dan pertanyaan hingga sesi diskusi selesai.

Pada hari selanjutnya, FGD dilanjutkan dengan materi "Mengenal Penyandang Disabilitas" dengan menghadirkan Ibu Nurul Sa'adah dari SAPDA (Sentra Advokasi Perempuan Disabilitas dan Anak), ditutup dengan materi kedua "Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Wilayah Kota Yogyakarta" yang disampaikan oleh Ibu Elvika dari UPT Perlindungan Perempuan dan Anak. 

Diharapkan dengan adanya FGD Kelompok Sadar Gender ini, wawasan mengenai kesetaraan gender semakin meningkat dan bisa menyusun rencana tindak lanjut kegiatan responsif gender di wilayah.