PEREMPUAN INISIATOR 2023

Pada Rabu, 3 Mei 2023 DP3AP2KB mengikuti kegiatan puncak acara Peringatan Hari Kartini DIY 2023 yang digelar di Bangsal Kepatihan. Puncak peringatan Hari Kartini di DIY tahun ini mengusung tema "Perempuan Berdaya, Cerdas, Berpolitik Untuk Mewujudkan Jogja Istimewa yang Berbudaya."

Pemilihan perempuan inisiator diikuti oleh perempuan-perempuan se-DIY dari 4 Kabupaten dan 1 Kota, dilakukan seleksi beberapa tahap. Dengan 5 juri yang kompeten. Beberapa dari LSM, Aktifis keseteraan gender  dan literasi. Dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DIY ada Kepala Dinas, Ibu Erlina Hidayati Sumardi dan Kepala Bidang Kesetaraan Gender & Pemberdayaan Perempuan

Rubi Utami Varalin, ST masuk kedalam kategori Perempuan Inisiator DIY 2023, beliau mendapat juara II dengan inisiasi Taman Baca Masyarakat Rumah Asa, Gelaran Buku, Pemberdayaan Perempuan melalui Kelompok Ecoprint At Taqwa Berdaya juga ECO.J, Ecoprint jogja dan inisiasi lahirnya Kampung Sains pertama di Indonesia. 

Yayuk Mujirahayu masuk kedalam kategori Perempuan Inisiator DIY 2023, beliau mendapat juara V dengan kelompok ekonomi produktif desa prima, program kotaku, kelurahan Brontokusuman, ketua kampung keluarga berkualitas dengan inovasi program DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting).