Musrenbang Tematik Perempuan

Untuk mewujudkan Kota Yogyakarta yang inklusif dan ramah perempuan, DP3AP2KB menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tematik Perempuan pada Jumat, 17 Maret 2023 pukul 09.00 di Ruang Rapat Kunthi, Lt2, Gedung PKK, Balaikota Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Bidang PPP.

Kegiatan Musrenbang ini mengusung tema "Mewujudkan Kemandirian, Keadilan dan Kesetaraan Gender". Kegiatan ini diberi sambutan langsung oleh Bapak Ir Edy Muhammad selaku Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta. Dilanjutkan dengan paparan materi oleh ketiga narasumber, yaitu :

  1. Bapak Agus Salim, dari Bappeda memaparkan materi mengenai “Inventarisasi Program Afirmasi Gender”.
  2. Ibu Erlina Hidayati Sumardi, S.IP.,M.M, dari DP3AP2 DIY memaparkan materi mengenai “Issu Strategis perempuan di Kota Yogyakarta”.
  3. Ibu Siti Sumaryatiningsih, S.Si., M.IP, narasumber sekaligus Fasilitator Penyusunan Rencana Kerja Tindak Lanjut Musrenbang Tematik Perempuan.

Secara demografis, Kota Yogyakarta memiliki jumlah penduduk perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki, yaitu sekitar 51,33% penduduk perempuan dan 48,67% penduduk laki-laki. Perempuan memiliki 5 hak utama, antara lain hak dalam ketenagakerjaan, kesehatan, pendidikan, perkawinan dan keluarga, serta hak dalam kehidupan publik dan politik. Kegiatan ini diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata agar perempuan memperoleh peran yang sama dalam pembangunan dan memperoleh hak yang sama dalam merasakan hasil pembangunan di Kota Yogyakarta.