Penyerahan Penghargaan Gender Champion 2022

Gender Champion kembali selenggarakan di tahun 2022. Tidak seperti tahun sebelumnya yang hanya menyaring Kategori Perorangan, di tahun ini terdapat beberapa kategori diantaranya, Kategori Kelompok Masyarakat/Komunitas, Dunia Usaha, OPD, dan Kemantren.

Gender Champion yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2AP3KB) merupakan wujud apresiasi bagi individu, kelompok masyarakat, atau pelaku dunia usaha yang peduli akan perkembangan dan kemajuan pengarusutamaan gender serta mendorong atau berkontribusi unuk pencapaian kesetaraan dan keadilan gender di Kota Yogyakarta.

Setelah melewati serangkaian seleksi mulai dari administrasi hingga wawancara, maka telah terpilih beberapa pemenang Gender Champion 2022. Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada Jumat (30/12) di Ruang Kunthi Gedung PKK Balaikota Yogyakarta.

Penyerahan penghargaan dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Wirawan Hario Yudho, Kepala DP3AP2KB Kota Yogyakarta Edy Muhammad dan Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Suni Fatmah yang sekaligus menyerahkan Sertifikat dan plakat kepada para pemenang. 

Penghargaan Gender Champion diberikan sesuai dengan kategori, pada Kategori Perseorangan, Juara I diraih oleh Fajar Nur Rohmad dengan program Gerakan Membaca buku Al-Quran & Literasi Digital. Juara II diraih oleh Syarifah Anggreini dengan program Tani Migunani.

Untuk Kategori Komunitas, Juara I diraih oleh Sentra Advokasi Perempuan, Difabel dan Anak (SAPDA) dan Juara II diraih oleh Kampung Wisata Warungboto (Kampung Warto).  Kategori Dunia Usaha, Juara I diraih oleh Mekar Arum dan Juara II diraih oleh Koperasi Wanita Bhakti Ibu.

Selanjutnya Kategori OPD, Juara I diraih oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jogja dan Juara II diraih oleh Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Kota Yogyakarta.

Kemudian untuk Kategori OPD di Kemantren, Juara I diraih oleh Kemantren Ngampilan dan Juara II diraih oleh Kemantren Gondokusuman.

Masing-masing pemenang Kategori Perorangan, Kelompok Masyarakat dan Dunia Usaha mendapatkan plakat, sertifikat dan uang tunai sebesar Rp 1,5 juta untuk Juara I dan Rp 1 juta untuk Juara II. Sementara untuk Kategori OPD mendapatkan mendapatkan plakat dan sertifikat.

Diharapkan dengan adanya Penghargaan Gender Champion ini dapat mendorong dan memberikan semangat bagi banyak pihak untuk lebih peduli dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.