Lakukan Psikoedukasi Cegah Kekerasan Pada Anak & Remaja

Umbulharjo - Tindak kekerasan ini dapat menyerang siapa saja, terutama di kalangan remaja dan anak-anak. Kekerasan yang dilakukan dapat berbagai macam bentuk, seperti kekerasan fisik, psikis, sampai pada puncaknya yaitu kekerasan seksual. Kekerasan yang terjadi dapat memberikan banyak dampak yang membuat tidak nyaman dan penderitaan bagi korban. Dampak yang dirasakan oleh korban dapat berupa dampak fisik seperti lebam, memar (dalam bentuk yang kecil dan besar) bahkan dapat mengakibatkan kematian; dampak psikis seperti stres, trauma, bahkan depresi;  dampak sosial, dan dampak ekonomis.

Perlunya upaya untuk meningkatkan kesadaran baik remaja perempuan, laki-laki serta masyarakat tentang betapa pentingnya usaha mencegah kekerasan pada terhadap anak. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta melalui UPT PPA Kota Yogyakarta bermaksud mengadakan psikoedukasi kepada remaja.

Psikoedukasi yang dilaksanakan pada hari Senin, 25 Oktober 2022 bertempat di Balai RW 11 Gambiran Kelurahan Pandeyan Kemantren Umbulharjo untuk meningkatkan kesadaran kepada anak dan remaja akan isu-isu kekerasan terhadap remaja di wilayah dan upaya pencegahannya. menghadirkan narasumber pemerhati Perempuan dan Anak, Ekandari Sulistyaningsih.