Parenting Anak di Lingkungan Sekolah

 Fenomena maraknya kasus kekerasan terhadap anak di lingkungan sekolah masih sering terjadi. kontrol dari keluarga, sekolah dan masyarakat perlu ditingkatkan kembali sehingga anak-anak ada masalah atau terlibat konflik anak-anak bisa menyikapi dengan hal yang positif tidak merugikan orang lain. Upaya pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan perlu dihidupkan kembali dan diimplementasikan secara lebih sistematis dan komprehensif agar tidak hanya difungsikan sebagai penanganan saat sudah terjadi kekerasan saja, namun juga dalam upaya pencegahannya.

Diharapkan orang tua, guru, komite sekolah dan masyarakat di sekolah dapat berbagi inisiatif dan program kerja antar stakeholder dalam upaya pencegahan kekerasan terhadap anak di lingkungan sekolah. Sehingga adanya rencana aksi bersama dalam pencegahan kekerasan terhadap anak.

Dengan adanya kegiatan ini diharapakan dapat menurunkan permasalahan siswa disekolah. Tindak kekerasan seksual dan bullying terhadap anak di Sekolah menurun. Apabila siswa mengalami permasalahan dalam belajarnya dapat menyebabkan siswa tersebut bermasalah dalam hal akademik maupun psikologisnya. Kekerasan terhadap anakpun dapat terjadi karena dari lemahnya motivasi dan ketidakpedulian siswa terhadap lingkungan sekitar.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jum’at, 30 September 2022 waktu 09.00 WIB bertempat di Aula SD N Kyai Mojo.