Peningkatan Aktivis Perlindungan Anak Sebagai Upaya Pencegahan Bullying dan Sosialisasi Kekerasan Berbasis Gander Online Terhadap Anak di Sekolah

Perkembangan teknologi informasi merupakan salah satu bukti telah terjadinya modernisasi dalam suatu masyarakat. Tidak dapat dipungkiri kehadiran internet semakin dibutuhkan untuk menunjang setiap kebutuhan hidup masyarakat, baik dalam kegiatan sosialisasi, pendidikan, bisnis dan sebagainya. Terlebih saat pandemic covid-19 hampir seluruh aktivitas kita terbatas dan berpindah pola interaksi kita melaui media digital (daring). Perilaku menyimpang kemudian muncul dalam interaksi sosial pada media sosial dengan tindakan yang menggangu berupa pelecehan seksual dan kekerasan berbasis gader online (KBGO). Kekerasan Berbasis Gander Online (KBGO) merupakan kekerasan yang difasilitasi teknologi online terhadap seseorang berdasarkan seks atau gander.

DP3AP2KB Kota Yogyakarta melalui Bidang PPHA melaksanakan kegiatan Peningkatan Aktivis Perlindungan Anak Sebagai Upaya Pencegahan Bullying dan Sosialisasi Kekerasan Berbasis Gander Online Terhadap Anak di Sekolah pada senin – selasa, 19 – 20 September 2022 bertempat di SD N ndalem dan YK N 7 Kota Yogyakarta. Kegiatan ini sebagai upaya pencegahan kekerasan terhadap anak di lingkungan sekolah. Sehingga diharapkan dapat menurunkan permasalahan siswa disekolah. Tindak kekerasan seksual dan bullying terhadap anak di Sekolah menurun. Apabila siswa mengalami permasalahan dalam belajarnya dapat menyebabkan siswa tersebut bermasalah dalam hal akademik maupun psikologisnya. Kekerasan terhadap anakpun dapat terjadi karena dari lemahnya motivasi dan ketidakpedulian siswa terhadap lingkungan sekitar.