Kelas Puspaga Pintar : Sosialisasi Kekerasan Berbasis Gander Online Terhadap Anak dan Pencegahan Bullying di Sekolah.

Puspaga adalah bentuk layanan untuk meningkatkan kehidupan keluarga dan ketahanan keluarga melalui program Pendidikan pengasuhan, keterampilan menjadi orang tua, keterampilan melindungi anak, kemampuan meningkatkan partisipasi anak dalam keluarga maupun penyelenggaraan program konseling bagi anak dan keluarga. Puspaga memberika pelayanan kepada masyarakat sekita dibeberapa kalangan diantarannya di lingkungan sekolah.

Kehadiran internet semakin dibutuhkan untuk menunjang setiap kebutuhan hidup masyarakat, baik dalam kegiatan sosialisasi, pendidikan, bisnis dan sebagainya. Terlebih saat pandemi covid-19 hampir seluruh aktivitas terbatas dan berpindah pada pola interaksi melalui media digital (daring). Perilaku menyimpang kemudian muncul dalam interaksi sosial pada media sosial dengan tindakan yang menggangu berupa pelecehan seksual dan kekerasan berbasis gader online (KBGO). Kekerasan Berbasis Gander Online (KBGO) merupakan kekerasan yang difasilitasi teknologi online terhadap seseorang berdasarkan seks atau gander.

Body shaming merupakan suatu tindakan mengomentari fisik seseorang, yang nantinya akan mengarah pada bullying. Anak-anak sekolah belum paham terkait body shaming dan bullying yang memberikan resiko pada anak. antara lain mental dan psikis anak yang dapat terganggu, marah, minder dan lain sebagainya.

Mengacu pada permasalahan tersebut Dengan ini PUSPAGA Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan Kelas PUSPAGA Pintar dengan tema Sosialisasi Kekerasan Berbasis Gander Online Terhadap Anak dan Pencegahan Bullying di Sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum’at, 9 September 2022, Pukul 08.30 WIB, Bertempat di Aula SD N Baluwarti.

Kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan pemahaman terhadap anak-anak terkait pencegahan kekerasan terhadap anak di Sekolah, Mensosialisasikan kekerasan berbasis gander online terhadap anak di lingkungan sekolah, Menginkatkan kepedulian siswa terhadap teman dan lingkungan sekitar, dan Menurunkan angka kekerasan terhadap anak di lingkungan sekolah.

Kegiatan ini mengundang Ka. DP3AP2KB Kota Yogyakarta,Kapolsek Kotagede,Ka. Bidang PPHA,MPP Kemantren Kotagede,Lurah Purbayan,Ketua RT,AKAM Perlindungan Anak,Kepala Sekolah SD N Baluwarti,Komite Perlindungan Anak SD N Baluwarti,Guru dan Karyawan SD N Baluwarti, dan Siswa Kelas 5-6 SD N Baluwarti. Narasumber oleh Kapolsek Kotagede (Tema: Kekerasan Berbasis Gander Online), Dr. Senny Saleh M.Pd (Tema: Pencegahan kekerasan terhadap anak terkait bullying teman di sekolah)