Pelatihan Packaging (Pengemasan) Kuliner

DP3AP2KB melalui Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan perempuan mengadakan kegiatan "Pelatihan Packaging (Pengemasan) Kuliner dengan menghadirkan pemateri Bp Andi Purnawan Putra dari Pensil Terbang beserta tim (Mas Aji dan tim Packmarket) pada tanggal 22 Agustus 2022.

Narasumber memaparkan mengenai branding dan juga hal yang berkaitan dengan pengemasan produk danĀ bagaimana cara memilih kemasan yang baik, yang cocok untuk produk tertentu dan hal apa saja yang perlu dihindari ketika memilih kemasan produk makanan serta bagaimana mengemas produk sehingga terlihat menarik.

Selain itu narasumber juga menjelaskan mengenai komponen apa saja yang perlu dicantumkan di kemasan, seperti brand/logo/merek dagang, nama produk, jenis produk, logo halal, berat/netto, PIRT atau perijinan, tanggal kadaluarsa, barcode, komposisi yang terkandung dalam makanan, kandungan gizi serta produsen.

Peserta terlibat aktif dan antusias saat diskusi dengan narasumber dan tim saat proses praktik mengemas makanan. Saat kegiatan ini, dijelaskan juga harga kemasan, jasa desain logo, dan jasa proses cetak sehingga peserta juga bisa memperkirakan harga makanan saat dijual.