Forum Anak Kota Yogyakarta Memperingati Hari Anak Nasional 2022

Peringatan HAN merupakan momentum pneting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen Bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan  hak anak atas hak hidup, tumbuh dan berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kmanusiaan serta  mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Hari Anak Nasional pertama kali dicetuskan oleh bapak Presiden Soeharto, dan diperingati setiap tanggal 23 Juli.  Hal tersebut berdasarkan dengan Undang-undang Nomor 3 tahun 1979 tentang kesejahteraan anak, serta Keppres Nomor 44 Tahun 1984.

Sabtu, 23 Juli 2022. Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan  Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) bersama dengan Forum Anak Kota Yogyakarta (FAKTA YK) memperingati Hari Anak Nasional. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara online¸ melalui zoom meeting di Ruang Rapat Kunti gedung PKK Kota Yogyakarta lantai dua. Selain itu, Presiden Republik Indonesia bersama dengan Ibu Hj, Iriana Joko Widodo, juga turut menghadiri kegiatan tersebut, bersama dengan perwakilan dari Kepala Dinas PPPA, dan Forum Anak tingkat provinsi ataupun kota se-Indonesia.

Tema Hari Anak Nasional 2022 sama dengan tahun sebelumnya yaitu  “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Peringatan yang dilakukan bertujuan untuk memberi penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. Mengingat anak adalah kategori yang masuk dalam kelompok rentan, oleh karenanya anak harus dilindungi dan dipenuhi hak-haknya agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal demi kemajuan bangsa.

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan  Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. *Fathur.