Peningkatan Kapasitas PATBM dalam pencegahan Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan bersifat melanggar yang dilakukan oleh seseorang remaja. Remaja adalah seseorang yang sedang mengalami masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Pada masa tersebut, seorang remaja mulai melakukan pencarian jati diri dan melakukan hal-hal yang sesuai dengan keinginannya. Namun seringkali, hal tersebut membawa para remaja pada suatu tindakan yang tidak sesuai dengan norma yang ada dalam masyarakat hingga menimbulkan gejala patologis sosial. Hal tersebut memberikan dampak berupa keresahan dan kekhawatiran yang dirasakan oleh orang tua juga masayarakat.

Banyak bentuk kenakalan remaja yang muncul di masyarakat, seperti kegiatan merokok, berkumpul tanpa adanya tujuan, berkelahi, terlibat dalam tindak laku kriminal, hingga penyalahgunaan narkoba. Permasalahan terkait kenakalan remaja yang demikian menjadi perhatian dari berbagai pihak. Mengingat dampak yang ditimbulkan bukan hanya dirasakan oleh pihak keluarga, tetapi juga masyarakat secara luas. Berbagai upaya telah banyak dilakukan guna mencegah serta mengatasi kenakalan remaja di masyarakat.

Kota Yogyakarta menjadi salah satu kota yang menaruh perhatian dalam permasalahan kenakalan remaja di masyarakat.  Melalui Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang telah dibentuk di seluruh wilayah Kota Yogyakarta dan dengan melakukan kolaborasi dengan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Karang Karuna, berupaya menciptakan aktivitas positif di setiap wilayah untuk meminimalisir terjadinya kenakalan remaja. Berangkat dari hal tersebut, maka dari pihak Komisi Perlindungan Anak Daerah Kota Yogyakarta menyelenggarakan Sosialisasi Strategi Pencegahan Kenakalan Remaja Bagi Pengurus Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) se-Kota Yogyakarta.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2022, bertempatkan di Ruang Serbaguna Kantor DPD RI DIY, Jalan Kusumanegara Yogyakarta. Dengan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader Pengurus Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dan menemukan strategi yang efektif dalam mencegah kenakalan remaja, kegiatan ini mengundang Ibu drg. Poerwati Soetji Rahajoe, Sp.BM sebagai narasumber untuk menyampaikan materi perihal Peran Orangtua Dalam Mencegah Kenakalan Remaja dan Bp. Ir. Edy Muhammad untuk membahas terkait Strategi Pencegahan Kenakalan Remaja di Lingkungan Masyarakat.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan permasalahan kenakalan remaja yang ada di tengah-tengah masyarakat, khususnya Kota Yogyakarta dapat terminimalisir dan dicegah secara bersama-sama.