Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-29 Tingkat DIY Tahun 2022

Kota Yogyakarta berkesempatan menjadi tuan rumah bagi penyelenggaraan even besar tahunan, Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-29 Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tanggal 29 Juni 2022.
Pada perayaan Harganas kali ini, diangkat tema "Ayo Cegah Stunting, agar Keluarga Bebas Stunting", bermakna besar untuk keluarga di Indonesia yang dalam dua tahun terakhir ini telah berjuang melawan Covid-19 namun kini masih harus kembali berperang melawan stunting pada anak.
Peringatan Harganas Ke-29 Tingkat DIY yang digelar di Graha Pandawa Kompleks Balaikota Yogyakarta ini dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X beserta istri, GKBRAy Adipati Paku Alam X, hadir pula GKR Bendara selaku Ketua BPD AKU DIY untuk mengukuhkan pengurus BPC AKU Kota Yogyakarta.
Pada kegiatan ini, Pemerintah Kota Yogyakarta menyuguhkan beberapa kelompok UPPKA dan KRU yang merupakan binaan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, untuk memacu perluasan jejaring untuk pemasaran produknya.

 

Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K) bersama GKBRAy Adipati Paku Alam X dan GKR Bendara didampingi jajaran Perwakilan BKKBN DIY dan DP3AP2KB Kota Yogyakarta juga berkesempatan mengunjungi pelaksanaan pelayanan KB dalam rangkaian peringatan Harganas ke-29 di RSUD Kota Yogyakarta.
Selain dilaksanakan di RSUD Kota Yogyakarta, pelayanan KB juga diselenggarakan di PMB IBI Melati Kotagede.
Akseptor terlayani IUD dan Implan sebanyak 25 orang di RSUD Kota Yogyakarta, sementara sebanyak 10 akseptor IUD, 7 akseptor Implan, dan 44 orang peserta terlayani papsmear di PMB IBI Melati Kotagede.

Suguhan seni tari-tarian dipersembahkan oleh PIK Remaja Tejo Ceria, Hasta Maheswari, dan Paguseta dengan sendratarinya yang mengangkat tema 'Nol Stunting'. Di akhir acara, Dr. Toto Sudargo, S. KM., M. Kes dari Fakultas Kedokteran UGM hadir sebagai narasumber dalam segmen Talk Show yang dipandu oleh komedian Dalijo dan kawan-kawan.