Focum Group Discussion (FGD) Sadar Gender di Kelurahan Kotabaru

Komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta dalam mengaplikasikan pembangunan yang responsive gender cukup kuat. Bidang Pemberdayaan dan Pelindungan Perempuan (PPP) Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta mengadakan Forum Group Discussion (FGD) Sadar Gender di Kelurahan Kotabaru pada tanggal 20 Juni dan 21 Juni 2022. 

Hari pertama mendatangkan narasumber dari Sentra Advokasi Perempuan, Difabel dan Anak (SAPDA) yaitu Ibu Nurul Sa’adah dengan materi pengarusutamaan disabilitas. Kemudian dilanjutkan oleh narasumber kedua yaitu Ibu Indri dari bidang Perlindungan Pemenuhan Hak Anak (PPHA), DP3AP2KB Kota Yogyakarta mengenai pengarusutamaan hak anak yang setara gender. Selanjutnya hari kedua diisi narasumber oleh Bapak Agus Ruyanto dari LSPPA (Lembaga Studi Pengembangan Perempuan dan Anak) yang menyampaikan materi terkait kesetaraan gender dan Ibu Dr. Dra.Hj.Senny Saleh, M.Pd dari Pokja 1 PKK Kota Yogyakarta terkait dengan implementasi kesetaraan gender di masyarakat.

FGD Sadar Gender di Kelurahan Kotabaru berlangsung seru karena melibatkan peserta dengan diskusi menggunakan poster dan drama tentang penyandang disabilitas. Tujuan dari adanya FGD Sadar Gender ini adalah untuk memberikan wawasan dan mengenali isu kesetaraan gender, anak, disabilitas Kota Yogyakarta.