Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor Memperingati HARGANAS XXIX

Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-29 Tahun 2022, Kota Yogyakarta  turut serta dalam meramaikan kegiatan Pelayanan KB Sejuta Akseptor. Rangkaian acara pembukaan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor dilangsungkan di Auditorium lantai 3 Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta, Rabu, 15 Juni 2022.

Sambutan selamat datang disampaikan langsung oleh Direktur RS Bethesda, dilanjutkan dengan pembacaan laporan penyelenggaraan oleh Kepala Bidang KBPK DP3AP2KB. Kepala DP3AP2KB dalam hal ini mewakili ketidakhadiran beliau Bapak Pj. Walikota Yogyakarta dan membacakan sambutannya, dan diakhiri sambutan dari Ibu Johananti dari Perwakilan BKKBN DIY dan ditutup dengan pemukulan gong oleh Kepala DP3AP2KB didampingi jajaran mitra kerja sebagai penanda dimulainya kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor.

Dalam kesempatan ini pula, dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan RS Bethesda, dan juga penyerahan secara simbolis apresiasi atas antusiasme akseptor mengikuti pelayanan KB MOW, yakni berupa pengganti biaya hidup sebesar Rp300.000,- dan bagi peserta dengan KTP Kota Yogyakarta berhak mendapatkan pengganti biaya recovery pasca pelayanan sebesar Rp700.000,-. Acara dilanjutkan dengan peninjauan pelaksanaan kegiatan pelayanan KB yang berada di lantai 1.

Kegiatan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor diselenggarakan serentak di 5 rumah sakit dan ptaktek bidan di Yogyakarta, yakni RS Bethesda sebagai lokasi utama, RS Siloam, RS Happy Land, RS Ludira Husada Tama, dan PMB Melati IBI Kotagede.

Total masyarakat yang terlayani sebanyak 154 akseptor, dengan rincian 105 akseptor IUD, 39 akseptor Implan, dan 10 orang akseptor MOW.