Berbagi Pengalaman Dalam Usaha Mewujudkan Kota/Kabupaten Layak Anak

(DP3AP2KB_11/05/2022) Predikat Kota/Kabupaten Layak Anak (KLA) merupakan idaman bagi setiap wilayah di Indonesia. Kota Layak Anak merupakan kabupaten/kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, serta dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program, kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak. untuk mewujudkan Kota Layak Anak diperlukan collaborative governance melalui keterlibatan pemerintah, swasta dan civil society untuk bersama-sama mengupayakan pemenuhan hak anak. KLA adalah bukti nyata sinergitas dari semua pihak terkait terkait dengan segala urusan yang menitikberatkan kepada kepentingan terbaik bagi sang anak. Kota Yogyakarta sebagai salah satu Kota penyandang predikat KLA Utama di Indonesia mendapatkan Kunjungan Kerja Pansus VII anggota DPRD dan 18 pendamping dari Kabupaten Bangka mengenai Raperda Penyelenggaraan KLA.

Tamu dari Kabupaten Bangka diterima oleh Kepala DP3AP2KB beserta jajaran terkait di Ruang Rapat Dewi Shinta. Kunjungan kjerja ini bertujuan untuk menggali informasi terkait penyusunan Raperda KLA yang sedang disusun di Kabupaten Bangka.

Ir Edy Muhammad (Kepala DP3AP2KB) menceritakan sejarah Kota Yogyakarta hingga meraih predikat Utama pada tahun 2021. Kota Yogyakarta mulai inisiasi KLA pada tahun 2019, mendapatkan predikat KLA tingkat Madya pada tahun  2014, 2016 dan 2017. Pada Tahun 2018 dan 2019 meningkat menjadi KLA tingkat Nindya, hingga ahirnya pada tahun 2021 mendapatkan predikat KLA Utama.  Selain itu di dalam pertemuan tersebut membahas pentingnya koordinasi  antar OPD guna terjadi sinergits di bidang perencanaan hingga implementasi pembengunan dari semua OPD yang bertujuan untuk kepentingan terbaik bagi anak di Kota Yogyakarta.

Semoga kunjungan kerja dari Tim Kabupateb Bangka dapat berguna bagi penyusunan Raperda Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Bangka, serta dapat memacu Kota Yogyakarta untuk lebih meningkatkan layanan bagi masyarakat terkait Kota Yogyakarta Layak Anak. (rk)