Peringatan Hari Kartini Tahun 2022

      “….Dari kaum perempuanlah manusia itu pertama-tama menerima pendidikan. Di pangkuan perempuanlah seseorang mulai belajar merasa, berfikir, dan berkata-kata. Makin lama makin jelas bagi saya, bahwa pendidikan yang mula-mula itu bukan tanpa arti bagi kehidupan…..Apa yang saya perjuangkan, mungkin tidak pernah akan saya nikmati. Tapi saya sudah merasa senang bahwa saya ikut memikirkan datangnya Abad Baru itu….” (RA Kartini).

      RA Kartini merupakan perempuan yang mempunyai pikiran maju dan wawasan yang luas. Beliau merupakan perempuan pelopor emansipasi wanita. Kartini merupakan sosok perempuan Indonesia yang berusaha bisa meningkatkan derajat perempuan agar lebih baik dari segi pendidikan sehingga memiliki hak yang sama dengan laki-laki.

    Makna Hari Kartini yaitu pemberdayaan perempuan Indonesia sesuai dengan kondisi dan jamannya yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas perempuan Indonesia. 

    Peran PKK dalam memaknai Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 diantaranya PKK bekerjasama dengan organisasi-organisasi wanita Kota Yogyakarta melalui kegiatan berbagi Berkah Ramadhan untuk Buruh Gendong. 

     Spirit Kartini di era modern menjadi semangat kaum perempuan untuk lebih berprestasi dan berkiprah di segala bidang tetapi wanita tetap sebuah kodrat Ilahi yang bertugas mendidik putra-putri penerus bangsa.

      Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 yang diselenggarakan DP3AP2KB Kota Yogyakarta dilaksanakan secara daring dan luring. Secara daring melalui zoom meeting, sedangkan luring dilaksanakan di Ruang Bima (Ruang Utama Atas) Komplek Balaikota Yogyakarta.