Launching Dapur Balita di RW 6 Giwangan

Setelah sebelumnya diadakan sosialisasi dan persiapan launching Dapur Balita di RW 6 Kampung Ponggalan, Kelurahan Giwangan, Kemantren Umbulharjo, kemarin pada hari Kamis, 31 Maret 2022 telah diselenggarakan Launching Dapur Balita Sehat di Balai RK Ponggalan. Wakil Walikota Yogyakarta, Drs. Heroe Poerwadi, M. A, hadir dan memimpin peluncuran Dapur Balita Sehat di RW 6 Kelurahan Giwangan, ditandai dengan simbolisasi penyerahan bibit bayam Brazil. Dalam kesempatan ini pula, Wakil Ketua TP PKK Kota Yogyakarta, drg. Poerwati Soetji Rahajoe, Sp. BM (K) menyerahkan tumpeng hasil panen sayur kepada perwakilan RW 6 dan paket gizi kepada ibu balita.

Dapur Balita Sehat yang didasari oleh kepekaan dan kepedulian masyarakat terhadap pemenuhan gizi dan nutrisi balita semakin banyak diterima dan diterapkan di berbagai wilayah di Kota Yogyakarta. Program ini juga merupakan salah satu jembatan upaya percepatan penurunan stunting. Selain diisi dengan pemberian makanan tambahan untuk balita, relawan dan kader Dapur Balita Sehat juga melakukan edukasi dan konseling kepada orang tua balita.

Sasaran edukasi mengenai stunting tidak hanya orang tua balita, tetapi juga keluarga dan lingkungan di sekitar balita. Keluarga juga harus mendukung pemenuhan nutrisi bayi, misalnya selama 6 bulan pertama bayi cukup dengan ASI Eksklusif saja, maka jangan sampai bayi diberikan asupan selain ASI. Tidak menutup mata bahwa kejadian ini masih terjadi meski orang tua bayi sudah sangat memahami hal ini, tetapi keluarga memberikan asupan selain ASI di saat orang tua bayi sedang tidak di sisi bayi. Inilah yang menjadi tantangan kita, bahwa upaya penurunan stunting melalui perbaikan gizi dan nutrisi anak sejak bayi ini haruslah menyeluruh.