Melalui

    Sesuai arahan Ketua Umum TP PKK Pusat, PKK sebagai mitra pemerintah diharapkan dapat lebih giat dalam upaya percepatan berbagai masalah bidang kesehatan. Antara lain dalam prioritas percepatan penurunan angka stunting, peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan upaya menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masa pandemi Covid-19. Kader PKK adalah ujung tombak dalam pelaksana Program Gerakan PKK Keluarga Sehat Gagah Bencana (Tanggap dan Tangguh Bencana). 

       Gagah Bencana’ merupakan gerakan PKK dari tingkat pusat hingga desa/kelurahan untuk membentuk individu keluarga dan masyarakat agar mampu menolong diri sendiri dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat, dari aspek fisik manusia maupun lingkungannya serta tanggap dan tangguh terhadap berbagai bentuk bencana.
Pilot project dalam percepatan penanganan Stunting, KIA dan PHBS di masa  Covid-19 adalah Program Unggulan Bidang Kesehatan TP PKK Pusat. Termasuk beberapa pilot lainnya terkait Lingkungan dan perencanaan sehat untuk keluarga berkualitas yang  terintegrasi dalam Gerakan PKK Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana tahun 2021-2024.
       Pilot project (PP) bertujuan untuk menggerakkan dan mengedukasi masyarakat dalam mewujudkan keluarga Indonesia yang sehat dengan kualitas lingkungan yang baik dan perencanaan berkualitas. Pelaksanaan program tersebut tidak akan berjalan dengan baik bila kader PKK di daerah tidak aktif dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga di desa dan kelurahan. 
     Pembentukan pilot project tingkat desa dan kelurahan ini melibatkan berbagai pihak. TP-PKK Pusat memerlukan dukungan dan komitmen dari pemerintah daerah hingga desa dan kelurahan untuk mencapai target keberhasilan. 
       Pilot Project Percepatan Penanganan Stunting, KIA dan PHBS masa Covid-19 ini sangat berdasar pada identifikasi yang terdiri dari situasi, kondisi dan potensi serta permasalahan yang dihadapi masing-masing daerah terkait. Dengan adanya gerakan ini harapannya akan terjadi peningkatan kesehatan keluarga, peningkatan kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah tangga dan peningkatan perencanaan sehat untuk keluarga Indonesia berkualitas khususnya dalam penanganan stunting di masa pandemi ini. Oleh karena itu, PKK Pusat menghimbau agar PKK provinsi, kabupaten dan kota, segera menentukan atau memilih desa dan kelurahan yang nantinya akan dijadikan pilot project untuk dilakukan pembinaan.
     Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta dengan cepat dalam merespon program 9 PP dengan membentuk tim panitia dengan melibatkan unsur PKK dan OPD terkait. 
Pilot project Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana antara lain:
1.    Peduli Stunting
Lokasi Kemantren Tegalrejo , Kelurahan Kricak
2.    Menuju PHBS
Lokasi Kemantren Gondomanan, Kelurahan Prawirodirjan
3.    Peduli KIA
Lokasi Kemantren Umbulharjo, Kelurahan Semaki
4.    Siaga Kebakaran Lingkungan
Lokasi Kemantren Ngampilan, Kelurahan Ngampilan
5.    Tanggap Tangguh Bencana Alam
Lokasi Kemantren Gondokusuman, Kelurahan Terban
6.    Peduli Lingkungan
Lokasi Kemantren Gedongtengen, Kelurahan Pringgokusuman 
7.    Menuju Keuangan Sehat
Lokasi Kemantren Jetis, Kelurahan Bumijo
8.    Mewujudkan Keluarga Sehat PUS
Lokasi Kemantren Mantrijeron, Kelurahan Gedongkiwo
      Program ini mendapat tanggapan yang luar biasa dari masyarakat Kota Yogyakarta. Pada hari Kamis, 24 Februari 2022 berita Program 9 PP Kota Yogyakarta dimuat dalam Kedaulatan Rakyat (KR) salah satu koran terkemuka di Yogyakarta, dengan judul “Yogya Siap Jalankan Program Keluarga Tangguh” dan siaran berita Radio Republik Indonesia (RRI) Sabtu, 5 Maret 2022. 
      Tim Pilot Project Kota Yogyakarta dengan sigap segera melaporkan hal tersebut kepada TP PKK DIY, kemudian segera ditindaklanjuti ke TP PKK Pusat dan mendapat feed back positif karena sudah dengan serius menindaklanjuti program 9 PP dari PKK Pusat. Hal tersebut tentu menambah semangat tersendiri bagi Tim 9 PP Kota Yogyakarta. 
      Selanjutnya akan diadakan verifikasi dari pusat meliputi Peduli Stunting, Keluarga Sehat Berkualitas, dan Mewujudkan Keluarga Sehat PUS. Mohon kepada Tim 9 PP Kota Yogyakarta untuk dapat dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.
       Semoga dengan berjalannya 9 PP ini, masyarakat di Kota Yogyakarta, sehat sejahtera lahir dan batin. Aamiin..