PERTEMUAN OPERASIONAL PENGOLAHAN DATA TINGKAT KOTA

Dalam mewujudkan sinergitas antar bidang didalam internal dinas, perlu diadakan penyamaan persepsi bersama. Penyamaan persepsi ini dilaksanakan dengan mengadakan pertemuan pemaparan data tahunan, pada kali ini yang menjadi bahan pemaparan adalah data tahun 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 8 Februari 2022, bertempat di Ruang Kunthi, Gedung PKK Kompleks Balaikota. Hal ini penting untuk diadakan mengingat data merupakan dasar bagi pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan yang paling sesuai bagi kebutuhan masyarakat.

Dari pemaparan yang ada, terdapat beberapa hal yang menjadi poin penting, antara lain :

  1. Data PUS dan kepesertaan KB di 14 kemantren menunjukan bahwa jumlah peserta KB aktif tertinggi berada di Kemantren Kraton dengan prosentase 75,16% dan yang terendah berada di Kemantren Mantrijeron sebesar 62,51%. Dengan rata-rata kepesertaan ber-KB di Kota Yogyakarta
  2. Jumlah capaian KB aktif berdasarkan target PPM diantarannya IUD 102,48%, MOW 104,89%, MOP 204,41%, kondom 46,31%, implan 60,48 %, suntikan 101,18%, pil 50,80%.
  3. Unmetneed di Kota Yogyakarta sebesar 12,05%.
  4. Untuk jumlah korban kekerasan pada bulan Desember 2021 ada penambahan sebanyak 20 orang, dengan 2 orang korban berjenis kelamin dan 18 orang berjenis kelamin perempuan. Sedangkan dari latar belakang pendidikan, yang paling tinggi adalah korban dengan latar belakang pendidikan terakhir adalah SMA.
  5. Kekerasan dalam rumah tangga dan pacaran adalah kekerasan yang paling tinggi terjadi di Kota Yogyakarta sepanjang tahun 2021.

hal-hal tersebut diatas menjadi fokus penting bagi dinas dalam merencanakan kegiatan yang dapat memberi edukasi dan melakukan pencegahan bagi kelompok-kelompok rentan. Serta disampaikan juga data mengenai jumlah calon pengantin selama tahun 2021, dan didalamnya juga terdapat calon-calon pengantin dengan usia anak.

 #pemkotjogja #pemberdayaan #dapurbalita #dashat #pelayananpublik #cegahstunting #stunting #pkkyogyakarta #indonesiasehat #relawanindonesia #perempuanhebat #balita #balitasehat #dp3ap2kbkotayk -Dv (Data)