REGENERASI FORUM ANAK KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021 – 2022

Masa kepengurusan Forum Anak Kota Yogyakarta periode  2019 – 2021 telah berakhir. Tentunya ketika masa jabatan berakhir perlu diadakan regenerasi pengurus untuk periode selanjutnya. Akibat pandemi yang memuncam, berakhirnya masa jabatan dan pelaksanaan regenerasi pengurus yang seharusnya rerlaksana pada bulan Maret 2021 terpaksa diundur menjadi bulan September 2021. Regenerasi ini diperuntukkan untuk internal dari FAKTA. Kepengurusan kali ini berbeda dari tahun sebelumnya yang satu periode masa jabatannya 2 tahun diubah menjadi 1 tahun

Pada tanggal 18 september 2021 – 20 september 2021 pendaftaran dibuka dengan pengisian gform dan pengunggahan berkas-berkas yang diperlukan untuk menjadi pengurus Forum Anak Kota Yogyakarta. Pendaftaran ini diperpanjang sampai dengan tanggal 22 september 2021. Peserta regenerasi kali ini terdiri dari 3 Duta Anak tahun 2020 dan 10 Duta Anak tahun 2021. Tepat di tanggal 22 september 2021, jumlah pendaftar ada 13 anak. Dari Duta Anak Kota Yogyakarta tahun 2020 ada 3 dan dari Duta Anak Kota Yogyakarta 2021.

Pada tanggal 25 september 2021, 13 peserta regenerasi melaksanakan tahapan selanjutnya yaitu wawancara. Seleksi wawancara dilakukan secara daring melalui media zoom dan dipandu oleh Bu Tifa dari Dinas Permberdayaan Perempuan  Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB). Seleksi Wawancara ini diawali dengan psikotes yang dipandu oleh ibu Erlita Puspita Sari, S.Psi, MA,M.Ec.Dev.,Psi. dan dilanjutkan sesi wawancara secara personal oleh bu Erlita. Setelah sesi bersama bu Erlita Puspita Sari, S.Psi, MA,M.Ec.Dev.,Psi. selesai, dilanjutkan dengan sesi wawancara bersama kakak-kakak pengurus FAKTA periode sebelumnya

Setelah melewati rangkaian acara dari pendaftaran sampai seleksi wawancara, tiba pada puncak acara. Acara ini dilaksanakan secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan pada hari Minggu, 26 Agustus 2021 pukul 10.00 di Ruang Kunti, Gedung PKK, Kompleks Balai Kota Yogyakarta. Acara diawali dengan berdoa dan menyanyikan Indonesia Raya. Dilanjutkan sambutan dari Ibu Sri Isnayati Sudiasih, S.I.P selaku Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak (PPHA). Setelah sambutan dari ibu Isna, dilanjutkan dengan Ice Breaking untuk menghilangkan ketegangan sebelum Debat. Pada saat debat, peserta dibagi menjadi 3 kloter. Masing-masing anak dari setiap kloter akan menyampaikan Program Kerja yang telah disusun lalu diberi beberapa pertanyaan oleh moderator. Setelah serangkaian acara yang dijeda dengan ISHOMA kurang lebih 30 menit, acara dilanjutkan dengan pengambilan suara untuk mendapatkan susunan kepengurusan baru Forum Anak Kota Yogyakarta yang hasilnya tertera sebagai berikut :

Ketua              : Arif Setiawan

Wakil              : Kevin Ferdian Hartanto

Sekretaris 1     : Fatimah Nada

Sekretaris 2     : Brigitta Lintang Rosari Wahyu Lindha Putri

Bendahara       : Emmanuela Narisa Widasari

Humas             : Hanara Arundaun Kaulika

Multimedia     : Alimah Nur Hasanah

            Kepengurusan yang baru tersebut dikukuhkan oleh Bapak Ir.Edy Muhammad serta penyampaian pesan dari Bapak Ir, Edy Muhammad. Setelah dikukuhkan kami berfoto bersama dengan Bapak/Ibu Dinas dan juga pengurus tahun sebelumnya. Demikian rangkaian acara regenerasi dari mulai pendaftran sampai dengan acara utama. Sampai jumpa di Artikel selanjutnya. Terima Kasih.

 

Forum Anak Kota Yogyakarta (FAKTA)