Pelatihan Komunikasi Organisasi dan Social Marketing Media

Pada 16 - 17 September 2021 yang lalu, Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan DP3AP2KB Kota Yogyakarta menyelenggarakan Pelatihan Komunikasi Organisasi dan Social Media Marketing bagi Kelompok Rintisan Usaha Perempuan. Pelatihan dua hari tersebut bekerja sama dengan tim dari Jurusan Ilu Komunikasi Universitas Islam Indonesia dan diikuti oleh 20 kelompok terpilih.

 

Di hari pertama, peserta mendapatkan materi Pengantar Komunikasi Organisasi dan Social Media Marketing yang dibawakan oleh Mutia Dewi, S. Sos, M. I. Kom. Komunikasi adalah hal yang penting dalam kelangsungan sebuah organisasi dan Mutia menekankan pentingnya mendengarkan saat berkomunikasi.

Dengan adanya situasi pandemi saat ini, dunia usaha memiliki tantangan baru untuk bisa memasarkan produknya melalui bebagai social media. WhatsApp merupakan salah satu social media yang dirasa efektif untuk membantu proses pemasaran produk. Dalam sesi ini Mutia mengajarkan peserta untuk memiliki prinsip "sharing, sharing, sharing baru selling" dan "makin eksis, makin laris"

Pada hari kedua, peserta mendapatkan ilmu untuk membuat konten pemasaran mulai dari memotret produk menggunakan smartphone, mengedit hasil foto menggunakan aplikasi hingga cara membuat toko online dalam aplikasi WhatsApp Bussiness. Pelatihan pada hari kedua difasilitasi oleh Mutia Dewi, S. Sos, M. I. Kom, Reyhan Reynardo Tanjung, S. I. Kom dan Shelma Nadira, S. I. Kom

 Para peserta begitu antusias mengikuti pelatihan tersebut dan pada hari kedua para peserta membawa berbagai macam produk dari kelompok masing - masing untuk bisa mempraktekkan secara langsung materi yang diberikan.

"Demi usaha maju, harus mau terus belajar," ujar salah satu peserta.