Pelatihan Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak ( SIMFONI – PPA ) Tahun 2021

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris DP3AP2KB Kota Yogyakarta Ibu Ir. Siti Khotijah. Kegiatan yang menghadirkan 35 orang peserta ini dibagi menjadi 2 angkatan (Pelatihan Simfoni – PPA dilaksanakan di hotel D’Senopati pada tanggal 15 – 16 Juni 2021). Narasumber berasal dari Polresta Yogyakarta, FPKK DIY, PERADI, dan DP3AP2 DIY.

Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak dewasa ini cenderung meningkat meskipun di masa pandemi covid 19 baik secara kuantitas maupun keragaman modusnya. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai media massa, baik elektronik maupun cetak, yang mengakibatkan kasus-kasus kekerasan tersebut menyita perhatian publik, namun demikian laporan pencatatan dan pelaporan kekerasan belum dapat menggambarkan kondisi tingkat kekerasan perempuan dan anak yang utuh. Hal ini dikarenakan, Minimnya data di unit pelayanan penanganan korban kekerasan, Kurangnya keterlibatan unit layanan yang menangani korban kekerasan dalam menginput data, dan Belum optimalnya mekanisme koordinasi di dalam system pencatatan dan pelaporan kekerasan di unit layanan

Melalui kegiatan ini diharapkan : meningkatkan komitmen petugas dalam melakukan pengelolaan data kekerasan sesuai tata laksana dan mekanisme yang benar, tersosialisasinya hasil pengembangan aplikasi system pencatatan dan pelaporan SIMFONI-PPA kepada admin dan/atau petugas pengelola data kekerasan di unit layanan, terwujudnya clean data kekerasan Simponi PPA, terinputnya data kekerasan secara rutin, dan meningkatkan koordinasi pengelolaan data kekerasan antar jejaring di unit layanan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak.