Jalin Silaturahmi melalui Koordinasi Satgas Sigrak

Dalam rangka menjalin silaturahmi dan koordinasi dengan satgas sigrak kelurahan se-kota Yogyakarta, Unit Pelayanan Teknis Perlindungan Perempuan dan Anak (UPT PPA) Kota Yogyakarta menyelenggarakan pertemuan Forum Koordinasi SatGas Sigrak. Kegiatan yang diikuti satgas sigrak ini digelar dalam 3 hari di tanggal 11, 15, dan 16 Februari 2021.

Pada Sambutan yang disampaikan Kepala UPT PPA Kota Yogyakarta, Ibu Enik Hambanari, dijelaskan bahwa peran kader/satgas sigrak di wilayah sangatlah besar dalam memerangi berbagai kasus kekerasan. Dalam upaya tersebut, kader bisa bekerjasama dengan institusi lain dalam memberikan opsi bagi korban untuk mendapatkan solusi atas kasus kekerasan yang dialaminya.

Dalam acara  yang diselenggarakan di Kantor UPT PPA, Jalan  Batikan No. 20 Pandeyan, Umbulharjo disampaikan tentang uraian ketugasan satgas sigrak. paparan yang disampaikan oleh Kasubag TU UPT PPA, Ibu Andriana Dwi Asanti, SE menyebutkan bahwa ketugasan kader adalah mendeteksi adanya potensi dan kejadian kaekerasan di wilayah, melakukan pendataan dan pelaporan pada aplikasi SIKAP dan laporan secara tertulis sebulan sekali yang ditujukan ke kantor UPT PPA melalui koordinator Kecamatan.

Dengan diselenggarakannya Forum Koordinasi ini diharapkan satgas sigrak dapat terus meningkatkan perannya untuk mencapai tujuan menekan angka kasus kekerasan di Kota Yogyakarta, mewujudkan kota Yogyakarta yang Berhati Nyaman.