Peringatan Hari Ibu dan Webinar

Pembinaan karakter Keluarga membutuhkan  kerjasama  semua pihak  terkait mulai dari lingkup terkecil  keluarga, lingkungan, Lembaga-lembaga  swadaya masyarakat, Pemerintah, Lembaga Pendidikan, Organisasi Sosial  keagamaan dan Pemangku Wilayah.

Selama Pandemi  Covid TP PKK Kota Yogyakarta  Bersama DPMPPA- Bidang  Pemberdayaan  masyarakat, Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak serta  berkat dukungan masyarakat melalui  RT-RW  setempat  Bersama  LPMK  dan Stake Holder  terkait sudah menggerakkan  beberapa  program  diantaranya relawan  mengajar, Pendamping Rintisan Usaha UP2K PKK, Relawan hijau  dan Relawan Sehat melalui dapur balita Covid, Ngluwihi, Mbagei. Sementara data juga mencatat persoalan dan permasalahan  yang muncul  selama pandemic Covid, diantaranya : kekerasan   ada kecenderungan  meningkat,  anak stunting  perlu menjadi  perhatian kita  bersama,  disamping  usaha  ekonomi  produktif yang mengalami  penurunan.

Data kekerasan yang dilaporkan sampai dengan tanggal 7 Desember 2020 sebanyak 189 orang dengan rincian 173 orang perempuan dan 16 orang laki laki. Sedangkan data anak yang mengalami kekerasan sebanyak 47 orang dengan rincian 39 orang peempuan dan 8 orang laki laki. (www.siga.jogjaprov/dataperlindungan).

Hasil penelitian  Kominisoiner Komnas Perempuan (Alimatul Qibtiyah) menyebutkan  bahwasannya DIY  menjadi salah satu Propinsi  obyek penelitian terkait  Dinamika  Perubahan  Rumah Tangga selama PandemiCovid-19, dengan kesimpulan sebagai berikut :

  1. Masih  kuatnya budaya Patriarki di masyarakat  dengan bukti bahwa tanggung jawab perempuan lebih besar dari pada laki-laki
  2. Kekerasan yang dialami  perempuan dari Laki-laki
  3. Sangat sedikit  korban  yang melaporkan ke lembaga layanan
  4. Kelompok  yang paling rentan  karena  dampak  pandemic adalah  perempuan  usia  31 – 40  pekerja informal
  5. Banyak praktek  baik yang dilakukan perempuan untuk ketahanan keluarga dalam menghadapi bencana selama Pandemi.

Disisi  lain dimasa pandemic covid ini kita perlu memberikan wujud, perhatian kepada saudara-saudara kita  yang perlu mendapat santunan tali kasih. Dalam rangkaian Peringatan Hari Anti Kekerasan, Hari Konvensi Hak Anak dan Peringatan Hari Ibu, DPMPPA kota Yogyakarta, TP PKK Kota Yogyakarta dengan dukungan dari Baznas Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan kegiatan dengan Tema : Optimalisasi Peran Keluarga /Komunitas dalam proses Tumbuh Kembang  Anak Di Masa Pandemi.