Gerakan #Berjarak (Bersama Jaga Keluarga Kita) Bantuan Spesifik untuk Perempuan dan Anak

Dalam rangka pelaksanaan gerakan aksi berjarak di setiap daerah yang bertujuan untuk memastikan perempuan dan anak terpenuhi hak – haknya, Pemerintah Provinsi DIY bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta melalui DPMPPA Kota Yogyakarta menyalurkan bantuan pemenuhan spesifik (kebutuhan gender) untuk ibu,anak, dan lansia.

kebutuhan spesifik (kebutuhan gender) yang juga merupakan kebutuhan mendasar terkait dengan kesehatan reproduksi, tumbuh kembang, dan kesehatan spefisik lainnya.

Pada masa Covid-19 ini, banyak keluarga, khususnya keluarga rentan miskin tentu akan fokus pada pemenuhan kebutuhan dasar (sembako) dan mengabaikan pemenuhan kebutuhan spesifik. Apabila tidak terpenuhi, akan menganggu fungsi reproduksi dan tumbuh kembang.

Diperlukan pemenuhan kebutuhan spesifik terdampak Covid-19, khususnya perempuan dan anak  Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Pemda D. I. Yogyakarta melalui dana dekonsentrasi dari Kementrian PP dan PA memberikan paket bantuan spesifik kepada 60 anak, 60 perempuan dan 60 lansia perempuan untuk warga Kota Yogyakarta.

Gerakan #Berjarak (Bersama Jaga Keluarga Kita). Gerakan #Berjarak bertujuan untuk memastikan perempuan dan anak aman bersama keluarga untuk menghadapi bahaya paparan COVID – 19 di rumah dan lingkungannya. Gerakan ini dilakukan dengan merangkul jaringan dan kader di semua tingkat kelurahan diantaranya PKK, Organisasi Perempuan (GOW), Forum Anak, Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA), Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA), Forum Anak Kota Yogyakarta, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), dan jaringan mitra pembangunan.