Puncak Peringatan Hari Anak Nasional Kota Yogyakarta Tahun 2020

Tanggal 23 Juli telah ditetapkan sebagai  Hari Anak Nasional. Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Perlindungan Anak menyelenggarakan beberapa kegiatan untuk mendukung Puncak Hari Anak Nasional Tingkat Kota.Kegiatan tersebut antara lain Roadshow Fandemic di 45 Kelurahan, Forum Anak Kota Yogyakarta Peduli Corona dan Lomba Hari Anak Nasional yaitu Foto Challenge, Wish Letter dan Menggambar. Sedangkan untuk Puncak Acara Hari Anak Nasional dilakukan secara daring (zoom meeting) di 3 lokasi yaitu Ruang Yudhistira Komplek Balaikota Yogyakarta, Taman Pintar dan PEVITA di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta pada Kamis 13 Agustus 2020.

Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak dalam masa pandemi covid19 menghadapi beberapa tantangan.  Perubahan-perubahan yang terjadi akibat pandemi covid 19  dan ketidaksiapan semua pihak dalam menghadapi perubahan tersebut harus diatasi  sehingga pemenuhan hak anak dan perlindungan anak perlu disesuaikan dengan kondisi dan situasi saat ini.  Keharusan anak untuk tetap di rumah , belajar dan bermain di rumah sementara orangtua harus bekerja menyebabkan anak kehilangan pengasuhan dan tidak ada pendampingan dalam belajar. Oleh karena itu kegiatan-kegiatan dalam rangkaian peringatan Hari Anak Nasional dimaksudkan memberi kesempatan bagi anak untuk dapat berpartisipasi , mengembangkan bakat dan minatnya sekaligus mengedukasi  teman sebayanya untuk melindungi diri dari penyakit dan kekerasan.

Pada kesempatan itu juga diresmikan dua Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) yakni PISA Taman Pintar dan PISA Pevita (Perpustakaan Alternatif Wilayah Selatan) serta pengukuhan 16 Duta Anak Kota Yogyakarta.