DODOLAN KAMPUNG KADIPATEN KIDUL

Konco Kampung Jumat ini menyusuri kampung Kadipaten Kidul Kelurahan Kadipaten Kecamatan Kraton, kelurahan yang berada di wilayah Kraton ini memiliki luas 0,34 km2. Kelurahan dengan keluasan terkecil di kecamatan Kraton ini menyimpan potensi yang luar biasa.

Pertama konco kampung diajak mengunjungi jalan nogosari, baru sampai diujung gang, konco kmpung sudah dibuat terkagum-kagum dengan potensi pertanian perkotaan yang sangat luar biasa. Kelompok tani kota Naga Asri telah berhasil melakukan pemberdayaan pertanian dengan memaksimalkan lahan yang mereka miliki. Hijaunya jalan, sejuknya rumah-rumah dengan penanaman sayur dan buah, ditambah dengan produk kuliner yang mereka tawarkan songgobuwono, dawet, pecel dan kuliner lainnya membuat semakin betah di nogosari. Konco kmpung berangan-angan andai tiap sore sepanjang jalan ini dimaksimalkan untuk duduk-duduk saling berinteraksi sambil nyeruput secangkir jahe atau sereh yang dipanen dari rumah warga, sepertinya akan menjadi lebih hidup dan lebih bernilai ekonomi.

Dari pertanian perkotaan kami menyusuri sepanjang jalan kadipaten kidul melihat potensi heritage, potensi budaya, seni tradisional dan singgah ke kawasan kuliner kadipaten.

Berbicara heritage jelas wilayah ini pusatnya, mengunjungi Ndalem Kanoman dan melihat Balai Seni Condro radono yang digunkan untuk melatih Bekso, batik dan boso bagi masyarakat umum setiap sabtu sore menjadi hal yang menarik.

Masih banyak potensi di kadipaten dan masih banyak yang bisa dimaksimalkan. Paket wisata, pemanfataan lahan sempit, branding kampung perlu menjadi pemikiran selanjutnya.

Ayo dolan kampung
Menjadikan kampung sebagai sarana interaksi masyarakat
Dan menjadikan kampung sebagai pasar ekonomi masyarakat